Friday, September 1, 2017

Halichoeres biocellatus

Labridae
Red-lined wrasse / False-eyed wrasse 
Halichoeres biocellatus
Panjang maksimum : 12cm
Persebaran : Dikenal dari Flores. Juga tercatat dari Kepulauan Raja Ampat, Bali, Komodo, Manado dan sekitarnya; dengan distribusi Indonesia dari Papua ke Bali dan Sulawesi.
Bahaya terhadap manusia : Tidak berbahaya
Penggunaan komersil : Akuarium (komersil)
Status konservasi : Least Concern (LC)

Ditemukan kelompok kecil, pada terumbu menuju laut dari kedalaman 6 hingga 35m. Biasa pada daerah tercampur karang dan batu dengan daerah berpasir. Juga ditemukan pada puncak karang dan lereng pada substrat ganggang berbatu.

Ikan jantan keseluruhan coklat-kehijauan dengan garis-garis membaur berwarna lebih terang pada posterior tubuhnya, garis-garis oranye pada kepala dan anterior tubuhnya, serta bintik hijau gelap (dikelilingi oleh warna oranye) tepat di belakang matanya. Ikan betina berwujud mirip namun biasanya lebih gelap pada posterior tubuhnya dengan sepasang bintik-bintik hitam berpinggiran putih pada sirip punggung. Ikan muda dengan serangkaian garis-garis merah pada sisi, garis putih pada tengah tubuh, sepasang bintik hitam, berpinggiran pucat pada sirip punggung dan sebuah bintik hitam pada bagian atas sirip ekornya.

Foto 1 : Seekor ikan muda (Photo courtesy Benoit LALLEMENT)
Foto 2 : Seekor ikan betina berukuran kecil (Photo courtesy Benoit LALLEMENT)
Foto 3 : Seekor ikan betina yang sudah cukup dewasa (Photo courtesy zsispeo)

No comments:

Post a Comment