Saturday, September 2, 2017

Pseudodax moluccanus

Labridae
Cutribbon wrasse / Kunde-kunde 
Stethojulis interrupta
Panjang maksimum : 12cm
Persebaran : Dari Sumatra barat ke Selat Bali; termasuk Kepulauan Mentawai. Juga tercatat dari Kepulauan Raja Ampat, Manado dan sekitarnya, Pulau Sangalakki, Kepulauan Togean dan Banggai.
Bahaya terhadap manusia : Tidak berbahaya
Penggunaan komersil : Akuarium (komersil), Perikanan (komersil)
Status konservasi : Least Concern (LC)

Menghuni kanal jernih dan terumbu menuju ke arah laut. Ikan muda sering ditemukan sepanjang lereng terjal di bawah 18m. Ikan dewasa biasa ditemukan dekat goa dimana banyak ikan muda seringkali ditemukan menghuni di dalam goa. Ikan dewasa bersifat soliter dan memakan ganggang dan memangsa pada invertebrata kecil. Ikan kecil pernah diobservasi membersihkan ikan lainnya dari parasit (seperti sifat ikan dokter). Karena struktur giginya, ikan ini dipercayai merupakan kerabat dekat ikan kakatua (Scaridae) namun bersifat seperti ikan Anampses (keling).

Ikan dewasa keabu-abuan hingga coklat-kemerahan, seringkali dengan tengkuk berwarna oranye-merah tercuci dan anterior punggungnya, garis / bintik-bintik gelap pada setiap sisik pada tubuhnya, bibir bagian atas kuning dengan garis biru di atas pipi bagian bawah, giginya biru dan sirip ekor berpinggiran hitam. Ikan muda berwarna biru pucat
dengan garis hitam dari moncong hingga sirip ekornya yang semakin lebar ke arah ekor. Ikan muda menyerupai ikan dokter (Labroides) dan bersifat mirip seperti Ikan Dokter.

Foto 1:  Photo courtesy Rob
Foto 2 : Photo courtesy danielguip
Foto 3 : Individu dari french polynesia (Photo courtesy zsispeo)

No comments:

Post a Comment